Nonton Tour de France di Japan Sport 4

Di indonesia cabang olahraga yang paling sering ditayangkan secara live oleh televisi adalah cabang olahraga Sepakbola, baik itu sepakbola dalam negeri maupun sepakbola luar negeri. Bisa dimaklumi soalnya sepakbola adalah olahraga yang paling digemari di negri ini, sehingga mempunyai rating yang tinggi sekaligus mendatang keuntungan bagi stasiun tv yang menayangkannya. Setelah sepakbola, cabang lainnya yang cukup sering nongol di layar tv adalah Bulutangkis, Futsal dan Bola Voly. Padahal cabang olahraga itu banyak jumlahnya loh hehe.. 


Akhirnya jika kita ingin melihat cabang olahraga lainnya, kita harus melihat tv-tv dari luar negeri, terutama tv-tv di Eropa dan Amerika. Di kedua wilayah tersebut tv khusus olahraga memang sudah banyak, dari Beinsports, Sky Sports hingga ESPN. Selain di Eropa dan Amerika, stasiun tv khusus olahraga juga ada di beberapa negara Asia yakni di China dan Jepang. Di Cina saluran olahraga ada di CCTV 5 dan CCTV 5 ++, sementara di Jepang ada Japan Sports 1 hingga Japan Sports 4. Nah di Japan Sports 4 inilah kami sempat menyaksikan salah satu turnamen Balap Sepeda ternama di dunia yaitu Tour de France. Asyik juga loh nonton Tour de France, selain menyaksikan persaingan para peserta kita juga dapat menikmati pemandangan yang indah dari landskap dan Kota-Kota yang dilalui oleh para pembalap. 


Di indonesia memang ada saluran khusus olahraga misalnya MNC Sports, namun channel milik MNC Grup ini bersiaran di tv berbayar dan tayangannya lebih banyak diambil dari tv-tv grup MNC seperti RCTI, MNCTV dan GTV. 

Terlepas dari ada tidaknya saluran khusus olahraga di Indonesia, alangkah baiknya tayangan olahraga di Indonesia itu lebih variatif, kami secara jujur paling suka olahraga sepakbola, namun tetap berpikir objektif agar para penyuka olahraga lainpun perlu diberi porsi agar dapat menikmati tayangan olahraga yang disenanginya.