Acara Anak Cerdas Indonesia (ACI)

Salah satu stasiun tv swasta nasional yakni Trans 7 baru-baru ini
menayangkan program acara yang bersifat edukasi, acara tersebut adalah 'Anak Cerdas Indonesia' yang menghadirkan anak-anak kreatif dan pintar dari seluruh Indonesia. Acara ini hasil kerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud). Program 'Anak Cerdas Indonesia' adalah sebuah ajang pencarian bakat dan kecerdasan yang dipilih melalui proses penyeleksian dari 34 provinsi di Indonesia. Peserta yang terpilih terdiri dari kelas 3 sampai 5 SD atau sederajat dan akan menjalani proses pembinaan dan mengikuti live show di Jakarta.

Acara Anak Cerdas Indonesia ini dipandu oleh host Ananda Omesh dan Astrid Tiar yang dikenal sangat energik, pintar, dan penuh dengan suka cita. Sementara itu untuk para jurinya adalah Artika Sari Devi, Meisya Siregar, serta Ibu Poppy Indrawati perwakilan Kemendikbud, dan Ibu Dian Nirmala salah satu anggota dari Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia. Kemendikbud sendiri memiliki visi untuk anak Indonesia yakni memenuhi kompetensi abad 21 dengan mewujudkan anak-anak Indonesia yang cerdas dan berkarakter, serta berguna di masyarakat. Sehingga harapannya anak-anak ini akan menjadi inspirasi bagi anak lain dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Artika mengatakan bahwa tidak gampang ya untuk bisa menentukan kualifikasi 'Anak Cerdas Indonesia' karena kecerdasan anak berbeda-
beda. Ada yang kuat di linguistiknya atau bahasa, ada yang kecerdasan logika matematikanya yang lebih
unggul, ada juga yang kekuatannya di intrapersonal bagaimana dia bisa mempengaruhi orang lain.
Sementara itu Meisya Siregar mengatakan, bahwa 'Anak Cerdas
Indonesia' adalah salah satu program yang menghibur sekaligus mengedukasi. Acara yang akan tayang mulai 19 November 2017 itu bisa menjadi tontonan yang seru untuk keluarga.

Acara Anak Cerdas Indonesia tayang setiap pukul 18.00 WIB pada hari Minggu. Nantinya, diakhir acara akan ada 3 runner up. Runner up pertama mendapat gelar kemenangan dengan pengkategorian Anak Cerdas Indonesia yang Inspiratif dan Berkarakter, runner up kedua dengan pengkategorian Anak
Cerdas Mandiri dan runner up
ketiga Anak Cerdas Bersahabat

Anak Cerdas Indonesia adalah
Program Pencarian Anak Cerdas yang dipilih melalui seleksi 34 provinsi di Indonesia.
Dengan Kriteria:
1. Kelas 3-5 SD/Sederajat
2. Berprestasi di sekolah
3. Memiliki kecerdasan dan nilai di
atas rata-rata rapor
4. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi
5. Memiliki bakat diluar akademis
(seni, olahraga, keterampilan)
Pendaftaran mulai tanggal 22
Agustus - 7 September 2017
Pendaftaran di aci.trans7.co.id

Demikianlah postingan kami kali ini mengenai acara 'Anak Cerdas Indonesia' yang ditayangkan oleh trans7, semoga acara-acara buat anak-anak yang sifat mengedukasi semakin banyak lagi di berbagai stasiun tv Indonesia, mengingat acara-acara anak-anak yang edukatif termasuk jarang ditayangkan oleh tv-tv Indonesia.