Daftar TV-TV Lokal Di Bandung

Bandung sebagai salah satu Kota terbesar di Indonesia tentu saja menjadi pasar yang menarik bagi para pelaku bisnis, tak terkecuali dengan bisnis di industri pertelevisian, berbagai stasiun TV lokal bermunculan di udara Kota Bandung, namun tidak semua stasiun-stasiun TV lokal itu mampu bertahan dalam ketatnya persaingan, bahkan kebanyakan dari TV-TV lokal tersebut cenderung keteteran, karena persaingan dalam memperebutkan kue iklan tidak hanya dengan sesama TV swasta lokal, tapi juga dengan TV-TV swasta nasional yang segmentasi pasarnya lebih luas. Beberapa TV lokal akhirnya ada yang di akuisisi oleh TV berjaringan seperti STV yang dikuasai oleh Kompas TV, atau bekerjasama dengan TV berjaringan seperti IMTV yang berbagi jam tayang dengan Sindo TV. Namun adanya UU yang mengatur kerjasama TV lokal dengan TV berjaringan membuat tayangan konten lokal kembali berkurang, akhirnya tayangan TV lokal yang bekerja sama dengan TV berjaringan konten acaranya cenderung ke acara yang bersifat nasional seperti yang dilakukan Kompas TV (STV/Kompas TV Jawa Barat) dan NET TV yang tidak ada bedanya dengan TV swasta Nasional yang telah ada seperti RCTI dan SCTV.
Sebelum kita melangkah ke daftar TV lokal di Bandung, berikut ini adalah daftar TV bersiaran nasional yang ada di Bandung:

1. TVRI - Televisi Republik Indonesia
2. RCTI - Rajawali Citra Televisi
3 SCTV - Surya Citra Televisi
4. INDOSIAR
5. ANTV - Andalas Televisi
6. TV One
7. METRO TV
8. GLOBAL TV
9. TRANS TV
10. TRANS 7
11. MNCTV
12. RTV - Rajawali TV

Nah sekarang kita tampilkan daftar TV-TV swasta Lokal plus TV berjaringan di Bandung:

1. Bandung TV, berjaringan dengan Bali TV
2. PJTV, berjaringan dengan JPMC
3. Kompas TV Jabar (Dulu STV)
4. NET. (Dulu Spacetoon)
5. IMTV, berjaringan dengan SINDOtv
6. Garuda Vision, berjaringan dengan O channel
7. MQTV
8. i Channel, bekerja sama dengan Berita satu dalam bentuk blocking time.
9. BCTV, berjaringan dengan Cahaya TV Banten

Sebenarnya ada satu lagi yaitu CT-Channel yang berjaringan dengan B-Channel, namun sejak berubah nama menjadi RTV atau Rajawali TV, stasiun TV ini dikategorikan sebagai TV Swasta nasional (teresterial).
Jika melihat daftar di atas, maka TV lokal yang benar-benar independen hanya MQTV saja. Sementara PJTV dan Bandung TV walaupun tidak merelay siaran dari stasiun lain, namun kedua stasiun TV ini termasuk dalam Kategori berjaringan, PJTV berjaringan dengan JPMC dan Bandung TV berjaringan dengan Bali TV.