Rating Acara TV Menjelang Berbuka

Halo tv mania, pengen tau acara tv yang meraih rating & share tertinggi saat menjelang berbuka ouasa? Bukan acara sinetron loh tapi film animasi Upin & Ipin yang ditayangkan oleh MNCTV. Film animasi buatan Malaysia ini merajai perolehan rating saat menjelang berbuka puasa dengan raihan TVR di atas 3, Upin Ipin mengungguli acara milik stasiun tv lain di waktu yang sama. RCTI yang memegang rating tertinggi di jam prime time lewat sinetron Anak Jalanan kali ini harus berbesar hati saat program berbukanya tidak meraih rating tinggi. Sinetron Salam yang tayang mulai pukul 15.30 WIB hanya meraih TVR 1.3 dan share 9.8 persen. Sitkom Tukang Ojek Pengkolan (TOP) yang tayang lebih awal di slot 16.30 WIB juga cenderung menurun dengan meraih TVR 2.1 dan share 13.2 persen di hari Minggu
(12/6) kemarin. Padahal biasanya acara ini dengan mudah mendapatkan share di atas 15 persen sebelum Ramadhan.

Seperti halnya acara RCTI, acara milik SCTV juga tak mampu meraih TVR yang maksimal, slot 15.30 WIB di hari Minggu, SCTV menayangkan FTV yang selama ini jadi andalannya. FTV yang berjudul Mengejar Cinta Dosen Cantik meraih TVR 1.7 dan share 11.5 persen. Di stasiun lain, Net. TV mencoba menayangkan sinetron bertajuk Kesempurnaan Cinta di slot 17.00 WIB. Walau tak setangguh sinetron pada umumnya, namun sinetron yang dibintangi Dimas Seto ini meraih hasil TVR 1.5 dan share 7.8 persen, capaian ini dinilai masih cukup baik untuk stasiun tv yang tergolong masih muda ini.

Salah satu stasiun tv milik Emtek yakni Indosiar pada jam menjelang berbuka ini menayangkan acara yang bergenre variety berjudul Festival Ramadan 2016, acara ini tak jauh berbeda dari program D'terong di Ramadhan 2015 yang lalu. Hasilnya cukup baik, acara ini meraih TVR 1.6 dan share 10.9 persen. Tetapi TVR Festival Ramadhan ini masih berada acara Ramadan di Rumah Uya yang unggul tipis dengan TVR 1.9 dan share 11.7 persen. Sementara itu, program
komedi milik ANTV Pesbukers sukses meraih TVR 2.1 dan share 10.7 persen.

Keberhasilan Upin-Ipin menguasai singgasana di jam menjelang berbuka puasa ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat acara ini juga cukup konsisten dengan sering berada di jajaran 10 besar rating acara tv Indonesia secara keseluruhan meski di luar bulan Ramadhan.