Acara Makna dan Peristiwa TV One

Di tengah acara tv yang sebagian besar semakin amburadul dan tidak mendidik, TV One mampu menayangkan acara yang sangat edukatif, terutama bagi umat Islam. Acara itu adalah Makna dan Peristiwa, sebuah acara talk show yang membahas tentang berbagai peristiwa dilihat dari sudut pandang Islam. Acara ini dipandu oleh Tengku Wisnu dengan narasumber tetap Ustadz Bachtiar Nasir. Selain narasumber tetap, acara makna dan peristiwa juga menghadirkan narasumber lainnya yang biasanya berkaitan dengan tema yang sedang diperbincangkan. Acara ini ditayangkan setiap hari senin hingga hari Jum'at pukul 08.30 hingga 09.30.

Hadirnya acara makna dan peristiwa yang ditayangkan oleh TV One ini tentu saja sangat menggembirakan bagi umat muslim yang sangat rindu terhadap acara-acara bermutu yang mampu memberikan pencerahan, karena sekarang ini masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam banyak disuguhi oleh acara-acara yang tidak edukatif, seperti acara sinetron yang hedonis, acara candaan dan joget-joget yang tak jelas dan lain-lainnya. Bahkan acara-acara berita dan talkshow politik yang dianggap berkualitas, ternyata hanya dibuat untuk penggiringan opini, untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu saja, sudah tidak objektif.

Hadirnya acara makna dan peristiwa ini menambah tayangan acara yang mendidik, beberapa tayangan sebelumnya yang juga bernilai edukatif adalah acara Mozaik Islam dan acara Berita Islam masa kini yang ditayangkan oleh Trans 7 dan Trans TV.

Tentu saja acara yang mendidik atau berkualitas itu tidak hanya yang bernuansa Islam saja, tapi juga acara-acara lainnya, seperti acara pendidikan, acara pengetahuan dan wawasan yang juga ditayangkan oleh beberapa stasiun tv lainnya, namun sayangnya, acara-acara tersebut persentasenya masih sangat kecil.