Persaingan RCTI Vs SCTV Memperebutkan Rating Tertinggi

Dua stasiun tv swasta tertua yakni RCTI dan SCTV tengah berada dalam pertarungan seru untuk memperebutkan rating acara tertinggi, persaingan kedua stasiun tv ini sangat terlihat terutama dari acara-acara sinetronnya. Dua tiga tahun terakhir ini kedua stasiun tv tersebut telah menayangkan beberapa sinetron unggulan dan banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. SCTV sempat mencuat dengan sinetronnya Ganteng-Ganteng Srigala (GGS), sinetron ini sempat merajai dan sering berada di posisi puncak rating. RCTI rupanya tidak mau kalah, lalu menayangkan sinetron yang genrenya hampir sama yaitu 7 Manusia Harimau (7MH) yang ternyata sukses menggusur dominasi sinetron Ganteng-Ganteng Srigala. Selain sinetron-sinetron di atas kedua stasiun tv ini juga memiliki sinetron unggulan lainnya, yakni Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) dan Preman Pensiun milik RCTI, lalu ada Madun dan Samson & Dahlia miliki SCTV yang keempatnya pernah merasakan berada di puncak rating tertinggi. Bahkan Tukang Bubur Naik Haji cukup sering menempatinya. Sebelum bulan Agustus 2015 acara-acara sinetron milik RCTI seperti Preman Pensiun, 7 Manusia Harimau dan Tukang Bubur Naik Haji berhasil mengungguli acara-acara sinetron milik SCTV, namun memasuki bulan Agustus 2015 dominasi sinetron RCTI berhasil ditembus oleh Sinetron baru milik SCTV yakni "Pangeran". Sinetron Pangeran sepanjang bulan Agustus 2015 ini selalu berada di posisi pertama sebagai acara dengan rating tertinggi.

Selain persaingan kedua stasiun tv tersebut sebenarnya ada dua stasiun tv lainnya yang acaranya juga sempat berada di puncak rating yaitu Indosiar dengan acara ajang pencarian bakat yang bertajuk Dangdut Academy 2 (D'Academy 2) dan ANTV yang sukses dengan Jodha Akbarnya.

Dari sini pula kita dapat melihat bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia memang masih menyukai acara-acara hiburan, terutama acara-acara sinetron, maka tak heran jika acara-acara tersebut hampir selalu berada di puncak rating acara televisi di Indonesia.