Sejarah Dan Profil TV9 Surabaya

Hallo TV mania, kali ini kita akan bahas tentang sejarah dan profil salah satu TV lokal di Jawa Timur yaitu TV9, yuk ah kita mulai! TV9 adalah sebuah
stasiun tv lokal di Surabaya dengan siaran yang bernuansa Islam. Stasiun TVini dikelola oleh PT. Dakwah Inti Media, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H.,MM., termasuk di dalamnya organisasi sosial keagamaan Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. TV9 diluncurkan pada tanggal 31 Januari 2010 oleh Soekarwo sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Nahdlatul Ulama ke-84. TV9 telah memperoleh Izin Penyelenggaraan Penyiaran prinsip tertanggal pada 7 Juli 2009 dan Izin Penyelenggaraan Penyiaran tetap tertanggal pada 23 Juli 2012 dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk melakukan siaran sebagai lembaga penyiaran swasta lokal untuk di Surabaya/Jawa Timur.
TV yang berada di Channel 42 UHF ini memulai siarannya pada tanggal 31 Januari 2010 dan memfokuskan siaran pada program-program bernuansa Islami. Sesuai dengan perkembangannya, TV9 telah menjadi TV komersial yang tetap menawarkan sajian program beragam yang tetap mengusung
Tradisi Kaum Muslim khususnya untuk wilayah Surabaya. Dengan bertemakan "santun menyejukkan" menjadikan TV9 sebagai televisi religi terbaik di Indonesia.

Di Indonesia, tradisi kaum Muslim sering diidentikkan dengan NU, sebuah organisasi sosial keagamaan terbesar. Agar mempertahankan tradisi Muslim, NU menciptakan TV9 sebagai media yang memberikan informasi dan hiburan seputar tradisi kaum Muslim. Penyajian program religi ini dibuat untuk mempertahankan dan membudayakan tradisi kaum Muslim khususnya untuk wilayah Surabaya, dimana TV9 berada.
Program-program acara Islami yang bertajuk dakwah bertujuan agar pesan-pesan agama Islam dapat diresapi oleh pemirsa dan diharapkan pesan-pesan yang dikemas dalam bentuk program acara dapat diamalkan oleh masyarakat. Program acara yang disajikan dikemas dengan semenarik mungkin tanpa menghilangkan identitas dari tradisi Muslim yang dihadirkan oleh TV9. Berikut ini adalah beberapa program acara yang ada di TV9 : Jurnal 9 Pagi, Jurnal 9 Siang, Jurnal 9 Petang, Jurnal 9 On The Way, Jurnal 9 Sepekan, Lensa Nahdliyin, Kiswah (Kajian Islam Ahlusunnah Wal Jama'ah), Kiswah Reguler, Kiswah Event, Hujjah Aswaja, Apa Kata Bu Nyai, X-tra Kuliner, Wisata Religi, Aswaja Spot, Khazanah, Rindu Makkah, Bengkel Keluarga Sakinah, Pernik Unik, Musik Religi, Music Insert, Shallu Alan' Nabi, Qur'an Tazkiah, Sudut Pandang dan Klinik Islami.

Demikianlah postingan kita kali ini tentang sejarah dan profil TV9 yang bersumber dari wikipedia Indonesia.