Sejarah Dan Profil Bali TV

Halo TV Mania, kali ini kita akan coba kupas tentang sejarah dan profil secara singkat sebuah stasiun TV swasta lokal berjaringan yang bernama Bali TV.
Bali TV merupakan sebuah stasiun televisi swasta siaran gratis berjaringan terestrial di Indonesia yang berpusat di Provinsi Bali, berdiri dibawah kepemimpinan Satria Naradha yang merupakan pemimpin Kelompok Media Bali Post. Kekuatan daya pancar saat ini adalah 10 kilo watt yang dipancarkan dari Bukit Bakung,Jimbaran. Siaran Bali TV wilayah Denpasar berada di channel 39 UHF dan untuk wilayah Singaraja berada di Channel 51 UHF dengan kekuatan daya pemancar sebesar 2 kilo watt di Desa Anturan. Bali TV memiliki motto Matahari Dari Bali, Stasiun TV ini hadir sebagai program yang memfokuskan pada bidang kebudayaan, adat istiadat, dan keunikan yang khas dari Pulau Bali. Selain itu, motto Matahari dari Bali ini juga berasal dari nama perusahaan tersebut, yaitu "Rhanada". Jika dijabarkan, arti"Rha" adalah bahasa Yunani yang berarti Matahari, sementara "Nadha" dalam bahasa sansakerta berarti mencerahkan. Dan bila disatukan, maka Matahari yang mencerahkan adalah motto dan logo Bali TV hingga saat ini. Sejak bulan Oktober 2005, Bali TV bisa disaksikan di seluruh Indonesia dengan satelit Palapa C2.Jaringan Stasiun televisi lokal yang berada dalam jaringan Bali TV adalah, Bali TV, Aceh TV, Bandung TV, Semarang TV, Sriwijaya TV, Surabaya TV, Jogja TV dan NKTV Makassar.

Sejak kehadirannya itu, Bali TV makin meramaikan persaingan pertelevisian Indonesia yang memang tengah berkembang dengan pesat, ini terbukti dengan semakin bertambahnya stasiun TV swasta lokal berjaringan di Indonesia termasuk Bali TV.