Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC), Acara Edukatif Di RTV

Ditengah berseliwerannya acara-acara sinetron dan hiburan yang dianggap kurang mendidik, RTV melakukan terobosan yang baik dengan menayangkan acara Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC), yaitu sebuah acara mirip cerdas cermat yang dikemas dalam bentuk game tanpa menghilangkan esensi tanya jawab di bidang ilmu pengetahuannya. Peserta acara ini adalah siswa-siswa menengah atas (SMA) dari berbagai kota di Indonesia.

Acara OIC tahun 2016 ini telah memasuki season 4, dan ditayangkan oleh RTV pada hari Kamis dan Jum'at sejak pertengahan September kemarin. Host OIC season 4 kali ini adalah komedian Yosi dengan juri Asri Welas, Michael Tjandra dan Shahnaz.
Menurut pihak RTV acara OIC ini tak hanya sebagai uji akedemis para pelajar SMU, namun program ini juga menampilkan potret positif remaja yang pandai, kreatif, komunikatif, aplikatif, mampu bersaing, serta memiliki mental juara yang bijak. Program OIC ini adalah program edutainment yang telah menjadi trendsetter dan pionir program pendidikan.
Tentu saja apresiasi patut diberikan kepada RTV yang mampu menghadirkan acara OIC yang edukatif ditengah acara-acara hiburan yang hanya mengejar rating tanpa melihat sisi edukasinya.