Stasiun TV Nomor 1 Di Tahun 2017?

Pada tahun 2017 ini persaingan antar stasiun tv untuk menjadi channel nomor satu di Indonesia nampaknya semakin ketat saja, setelah pada tahun 2016 bisa dikatakan RCTI lah yang sukses menjadi tv nomor satu. Namun di tahun 2017 ini ada tiga stasiun tv yang berpotensi besar untuk menjadi tv nomor satu, ketiga stasiun tv itu adalah RCTI, ANTV dan SCTV, bahkan pada minggu terakhir bulan Februari 2017 ini, SCTV lah yang berada di peringkat pertama sebagai stasiun tv dengan jumlah share terbesar.

Pindahnya PH Sinemart dari RCTI ke SCTV ternyata sangat berpengaruh, pada tahun 2016 yang lalu sinetron-sinenetron milik RCTI yang diproduksi Sinemart sangat mendominasi jajaran 10 besar rating acara tv Indonesia. Dan pada bulan Februari 2017 ini menjadi terbalik, giliran sinetron-sinetron milik SCTV lah yang mendominasi jajaran Top 10 rating acara tv Indonesia berdasarkan estimasi UM di 10 Kota. Sementara ANTV masih stabil di peringkat dua dengan masih mengandalkan acara serial-serial Indianya. RCTI untuk sementara ini masih berada di tempat ketiga.
Stasiun tv lainnya cenderung masih stabil, hanya NET TV yang cukup menonjol dengan berada di urutan kesembilan mengungguli tvOne dan metroTV yang notabene lebih senior dari NET.

Jika melihat perkembangan kedepan nampaknya akan terjadi persaingan sengit antara SCTV, ANTV dan RCTI, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggemari acara sinetron, maka pertarungan di jam Prime time tentu masih diwarnai oleh acara sinetron terutama untuk SCTV dan RCTI. Serial India milik ANTV juga masih memiliki pasar yang bagus, sehingga terlihat konsistensi ANTV yang tetap kokoh di jajaran 3 besar dan sekali-kali pernah juga menyodok ke peringkat pertama.
Nah kita tunggu saja kiprah stasiun-stasiun tv dalam persaingan memperebutkan posisi teratas dengan share tertinggi. Namun yang perlu diperhatikan, hendaknya Stasiun tv juga tidak hanya mengejar rating yang tinggi, seharusnya pihak stasiun tv pun mampu menampilkan acara yang berkualitas dan edukatif.