Apa Itu TV Share

Halo tv mania, pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang TV Rating (TVR), nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara singkat tentang TV share (TVS). Sebagian masyarakat memang ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan rating atau share, lalu bagaimana cara menilai suatu acara di sebuah stasiun tv itu memiliki rating dan share yang tinggi. Sekedar mengingatkan saja, kalau TV rating itu adalah prosentase jumlah penonton dibagi total pemilik TV (Universe), Nah lalu apa yang dimaksud dengan share dalam dunia pertelevisian? TV Share atau sebut saja Share, adalah prosentase jumlah penonton dibagi total penonton disemua TV yang sedang menonton. Jadi kalau menggunakan rumus, seperti ini :
Rating = jumlah penonton suatu program / jumlah universe X 100%, sedangkan rumus untuk Share = jumlah penonton suatu program / total penonton TV disaat bersamaan X 100%.

Lalu siapakah yang melakukan riset rating dan share tv di Indonesia? , ternyata saat ini yang menyediakan data rating dan share tv di Indonesia adalah perusahaan yang bernama AGB Nielsen Media Research. Sejauh ini kota-kota besar di Indonesia yang dijadikan tolak ukur atau yang diriset dan disurvei baru sepuluh kota saja, yaitu: Jakarta (DKI), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Yogyakarta (DIY), Surabaya, (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan), Denpasar ( Bali), Makassar (Sulawesi Selatan) dan Banjarmasin ( Kalimantan Selatan).
Demikianlah TV mania, postingan kita tentang apa yang dimaksud dengan share dalam dunia pertelevisian, semoga bisa menambah wawasan bagi tv mania yang belum mengetahuinya.